E-paper

Dengan semakin murahnya koneksi internet, informasi menjadi sangat mudah didapat. Bahkan media elektronik seperti Televisi kadang kalah cepat dalam memberitakan suatu peristiwa yang penting. Selain itu, sumber berita dari internet juga bisa dikatakan tidak terbatas. Hanya kadang kita perlu menyaring, berita dari sumber mana yang dapat kita percaya.

Lalu bagaimana dengan media cetak? Apakah dengan hadirnya internet semakin mengurangi jumlah oplah harian media ini? Pengaruh itu pasti ada, tapi dibalik itu, media cetak mampu memanfaatkan citra baik sebagai sumber berita yang dapat dipercaya dengan membuat situs online. Sungguh langkah yang cerdik. Bahkan tanpa takut oplah mereka semakin turun, sebagian media cetak berani menerbitkan epaper.

Apa itu epaper? Epaper adalah versi digital dari surat kabar cetak. Jadi yang kita lihat di epaper adalah sama persis dengan yang tercetak di surat kabar. Sebenarnya epaper pertama di Indonesia sudah terbit lebih dari setahun yang lalu, tapi tentu saja semakin lama semakin banyak media cetak yang mengikuti jejak menerbitkan epaper.

Sebagian besar media cetak ini menggunakan aplikasi softpressmedia, pressmart dan issuu untuk men-digital-kan koran mereka. Mau mencoba menikmati? Ini dia daftar epaper surat kabar harian di Indonesia :

1. Kompas
2. Media Indonesia
3. Koran Tempo
4. Suara Merdeka
5. Pontianak Post
6. Jawa Pos
7. Republika
8. Riau Pos
9. Kaltim Pos
10. Pikiran Rakyat
11. Tribun Timur
12. International Bali Post
13. Pos Kota
14. Banjarmasin Post
15. Solo Pos
16. Sumut Pos
17. Batam Pos
18. Bangka Pos
19. Bali Post
20. Rakyat Aceh

Sebenarnya masih ada lagi, anda mau menambahkan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: