Semarang 30042010

Begitu kagetnya aku mendengar “anak baru ikut ‘satgas’ (istilah yang di gunakan untuk menyebut tim kesehatan pada organisasi ku). aku lansung teringat 3 tahun lalu ketika aku pertama kali masuk organisasi ini. pertama dalam hidupku mengikuti sebuah organisasi, entah kenapa aku ikut organisasi yang berjenis kemanusiaan. Sebetulnya Organisasi yang ingin aku geluti adalah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), tujuannya jelas :pengalaman organisasi, mencari jaringan, dan belajar langsung menjadi birokrat dan tujuan utamanya adalah AKU INGIN BISA NGOMONG DI DEPAN UMUM..simple kayaknya, tapi itulah aku, selalu demam panggung apabila ingin mengutarakan sesuatu di hadapan forum, problem dari dulu yang sulit terselesaikan. dan organisasi kedua yang pengen aku  ikuti adalah  Pecinta Alam (kalo ini aku ga tahu sukanya dari mana?..mungkin kebebasan….kebebasan yang sulit aku dapatkan di rumah…sangat sulit, teringat waktu itu aku membayangkan naik gunung, berjalan menyusuri lembah, menembus hutan, melangkah melewati awan. dan aku seakan ingin bergumam “akankah aku ke sana?..dan akhirnya aku memilih organisasi ini.(mulai sekarang kita sebut OT  “Organisasi Terserah”)…tidak PA ataupun BEM..aneh bukan..

Aku sudah 4 tahun lebih sedikit menjadi anggota OT, dan butuh sekitar 3bulan sebelum bisa mengikuti Satgas, dan sekarang, masih calon anggota bisa mengikuti Satgas. Tranferan dari mana itu?..aku juga tidak tahu.yang jelas itu telah merusak tatana SOP yang ada..aku terus berpikir “tinggal aku yang tertua disini, kenapa mereka ga konsultasi dulu sama aku?…bukannya aku ingin di anggap senior, tapi aku malu pada temen-temen yang telah dahulu lulus untuk emnitipkan organisasi ini kepadaku , untuk membibmbing temen-temen pengurus, tapi apa yang terjadi,,tidak ada satupun yang minta pertimbangan dariku?..terus aku harus ngapain?…apa aku harus lari dari tangguang jawab ini..kebijakan-kebijankan ini tidak hanya pertama kali terjadi..ketika mereka akan membuang barangku dari basecamp…tidak secara lansung sih..tapi itu dah menandakan bahwa aku sudah menjadi parasit di organisasi ini. Organisasi yang turut aku besarkan selama 4 tahun ini.

Keinginan untuk memajukan organisasi haruslah berlatar-belakang dari pengalaman masa lampau agar supaya mereka sudah mempunyai pijakan untuk melangkah lebih baik kedepan dengan tidak melupakan kesalahan masa lampau. serta menadikan kesalahan masa lampau sebagai pembelajaran. kebijakan-kebijakan masa lampau pun harus di pertimbangkan kembali di masa sekarang, alasan-alasan apa sajakah yang  yang ada di dalam kebijakan itu. bila memang tidak sesuai sebaiknya di ganti dengan keinginan dan tuntutan jaman sekatarang. tetapi haruslah di ingat bahwa sebelum mengambil keputusan hendaknya mengkonsultasikan kepada orang yang tertua di organisasi ini, kalau memang ingin menghormati si tua ini.

Aku sedang mencari  jalan keluar..apakah aku harus keluar mencari tempat kos baru dan lebih konsentarsi ke skripsi dengan mengabaikan tanggung jawab sebagai orang tertuai di OT atau ikut mengacaukan dalam artian meluruskan segala sesuatu yang melenceng di OT ini, dengan segala kemampuanku yang ada dan ketidak pengaruhanku di sana lagi yang akan berakibat tidak di dengarkan gagasanku..kita tunggu…